Halloween Costume ideas 2015

Inilah Beberapa Manfaat Dari Penerapan Lima Hari Di Sekolah Menurut Mendikbud

Muhadjir menyampaikan, ada beberapa keuntungan dari penerapan lima hari sekolah

Baca Juga

Mendikbud Muhadjir Effendy

Kebijakan lima hari sekolah yang dicanangkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy menjadi perdebatan tersendiri di dunia pendidikan. Sebagian ada yang sepakat dan sebagian lagi ada yang menolaknya.

Menanggapi hal itu, Muhadjir menyampaikan, ada beberapa keuntungan dari penerapan lima hari sekolah. Di antaranya adalah bisa menangkal radikalisme dan intoleransi. Lima hari sekolah juga dianggap Muhadjir mampu untuk meningkatkan peran keluarga dalam pendidikan.

"Dua hari libur kan bisa dimanfaatkan keluarga untuk berekreasi. Bisa untuk bertamasya menikmati kekayaan budaya dan keindahan alam di Indonesia. Menikmati kebudayaan dan kekayaan alam dalam rangka membangun rasa kebhinnekaan. Rasa kebhinnekaan ini akan membuat perilaku radikal dan intoleran akan berkurang," kata Muhadjir, Sabtu (15/7) di SMA Bopkri Satu Yogyakarta.

Sayang program ini ditentang banyak pihak. Bahkan, Presiden Joko Widodo mengeluarkan aturan baru dan membatalkan Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2017 tentang sekolah lima hari itu.

Muhadjir memaparkan, munculnya radikalisme dan intoleransi karena wawasan sempit tentang ke-Indonesian-an. Padahal Indonesia itu, lanjut Muhadjir, beraneka ragam baik suku, bahasa, agama maupun alamnya.

"Di sini bisa saja mayoritas tapi di daerah lain bisa jadi yang mayoritas jadi minoritas. Bagaimana mereka di sini mayoritas tapi di daerah lainnya menjadi minoritas dan diberlakukan berbeda. Rasa kebhinnekaan muncul jika masyarakat Indonesia saling berkunjung dan bertamasya ke daerah lain," ungkap Muhadjir.

Muhadjir juga menyampaikan, lima hari sekolah akan membuat keluarga memiliki peran di pendidikan. Pendidikan, kata Muhadjir, tak selamanya harus di sekolah. Dengan adanya waktu libur dua hari diharapkan orangtua akan kerap bertemu dengan anaknya.

"Dua hari libur bisa dimanfaatkan untuk melakukan interaksi intensif antara anak dengan orang tua. Ada waktu yang cukup bagi anak ingin bertemu orang tua. Keluarga juga bisa memainkan perannya dalam pendidikan," urai Muhadjir.

Muhadjir menuturkan, tidak ada paksaan untuk sekolah menerapkan lima hari sekolah. Bagi sekolah yang sudah siap, ucap Muhadjir, bisa segera menerapkannya. Sedangkan bagi yang belum siap jangan dipaksakan.

"DIY termasuk yang memelopori lima hari sekolah, sudah ada beberapa sekolah di DIY yang menerapkannya. Saya sangat berterima kasih sekali. Kemarin saya juga mencanangkannya di Riau. Di Bengkulu juga sudah kita canangkan. Senin depan akan kita canangkan di Palangkaraya," pungkas Muhadjir. 

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget