INFO LENGKAP SEPUTAR PLPG 2015


Ada beberapa info penting berkaitan dengan PLPG maupun PPGJ tahun ini. LPMP berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota untuk menentukan tempat uji kompetensi (TUK). Secara umum lokasi TUK yang ditetapkan harus mempertimbangkan kemudahan akses ke lokasi tersebut dan diutamakan yang dapat dijangkau dengan kendaraan umum.
Pada pelaksanaan UKA yang menggunakan sistem off-line dapat menggunakan ruang kelas di sekolah atau ruang sidang/ruang pertemuan kantor dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan LPMP. Untuk cetak A1 bagi peserta kelompok PLPG sudah disetujui pada bulan Maret 2015.
Cara mengetahui tempat pelaksanaan PLPG / PPGJ serta informasi status A1 :
  • Buka > http://sergur.kemdiknas.go.id/
  • Klik Pada “Daftar calon peserta sertifikasi guru 2015
  • Klik pada menu “Pencarian
  • Masukan NUPTK anda
  • Tekan Enter
Contoh informasi berkas yang akan anda lihat
p;pg
  1. Panah No. 1 Status A1 anda
  2. Panah No. 2 Tempat pelaksanaan
Contoh A1 PPGJ 2015
A1 merupakan berkas yang diperlukan saat para peserta sertifikasi akan memulaiPPGJ di LPTK. Nantinya Dinas pendidikan mencetak Format A1 sebanyak 2 (dua) rangkap, ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/ Kabupaten/Kota atau pejabat yang ditunjuk kemudian dan dibubuhi stempel sebagai tanda pengesahan.
Peserta sertifikasi guru melalui PPGJ menerima Format A1 asli (bukan foto kopi) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Format A1 wajib dibawa peserta pada saat datang mengikuti proses pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ di LPTK. Peserta menerima Format A1 sebagai tanda persetujuan untuk menyiapkan dokumen RPL. Jika menurut jadwal yang sudah diatur dalam UKA 2015, pendistrubusian A1 sudah dilaksanakan pada bulan maret lalu, namun kenyataan sampai hari ini ada juga peserta yang belum menerimanya.
Untuk mengetahui contoh A1 PPGJ bisa lihat tampilan dibawah
a1
Berbagai perangkat yang nantinya perlu anda persiapkan :
  • Biodata Format A1(didapat dari dinas)
  • Fotocopy Ijazah S-1 dan Akta IV serta Ijazah S2 legalisir Perguruan Tinggi
  • Fotocopy SK mengajar 5 Tahun terakhir berturut-turut dan dilegalisir Kepala sekolah masing-masing.
  • Fotocopy SK Pangkat /Golongan di legalisir Badan Kepegawaian Daerah (BKD)
  • Fotocopy SK Awal s/d Terakhir dilegalisir Badan Kepegawaian Daerah (BKD)
  • Pas Photo 3×4 warna , sebanyak 4 lembar
  • Kartu NUPTK terbaru.
  • Surat Ijin Belajar (bagi yang menempuh pendidikan pada saat sudah CPNS/PNS)
  • Membawa Contoh RPP / kurikulum K13
  • Membawa Buku Pelajaran (Literatur yang Relevan)
  • Laptop / Note book
  • ATK (lengkap)
  • Baju dan celana putih hitam  untuk keperluan pembukaan dan penutupan)
  • Kaos Olahraga (Training lengkap)
Cara melihat nomor peserta PLPG

Caranya juga sama seperti diatas yaitu : 
1. Kunjungi http://sergur.kemdiknas.go.id/sg13/

2. Pilih Pencarian yang ada di pojok kanan atas
3. Masukan NUPTK pada kotak lalu klik ikon pencarian
4. Kemudian carilah kolom nomor peserta milik anda 


Calon peserta Sergur tahun 2015 dikelompokkan sesuai awal mulai menjadi guru (TMT pendidik). Jika calon peserta Sergur telah menjadi guru sebelum tahun 2006 akan mengikuti pola PLPG selama 10 hari berupa diklat ditambah ujian tulis lokal dan ujian tulis nasional.


Sedangkan jika calon peserta sertifikasi menjadi guru sesudah tahun 2005 akan diikutkan Sergur pola Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPGJ) dengan waktu lebih lama. PLPG tahun 2015 dilaksanakan lebih dulu, baru kemudian dilaksanakan sertifikasi melalui pola PPGJ.


Peserta Sergur 2015 Melalui Pola PLPG dan PPGJ

Salah satu tahapan Sertifikasi Guru (Sergur) adalah proses verifikasi terhadap berkas-berkas persyaratan calon peserta sergur oleh LPMP. Sesuai Undang-undang Guru dan Dosen (UUGD) yang terbit 30 Desember 2005 ada dua pola Sergur pada tahun 2015 ini, yaitu pola Pendidikan dan Pelatihan Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPGJ)

Calon peserta Sergur tahun 2015 yang sudah diverifikasi, dikelompokkan sesuai awal mulai menjadi guru (TMT pendidik). Jika calon peserta Sergur telah menjadi guru sebelum tahun 2006 akan mengikuti pola PLPG. Sedangkan jika calon peserta sertifikasi menjadi guru sesudah tahun 2005 akan diikutkan Sergur pola PPGJ.

Meskipun sama-sama proses untuk mendapatkan sertifikat pendidik, tetapi PLPG dan PPGJ sangat jauh berbeda. Pola PLPG hanya ditempuh selama 10 hari berupa diklat ditambah ujian tulis lokal dan ujian tulis nasional. Jika dinyatakan lulus maka peserta Sergur pola PLPG 2015 ini mendapat sertifikat pendidik dan berstatus sebagai guru profesional. 

Sebaliknya, Sergur melalui pola PPGJ membutuhkan waktu lebih lama. Tahapan yang harus dilalui guru peserta PPGJ adalah proses konversi dokumen RPL, workshop, PKM dan ujian tulis lokal serta ujian tulis nasional. Paling tidak waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat pendidik adalah satu semester atau kurang lebih 6 bulan (36 SKS).

Pelaksanaan Sergur melalui pola PLPG tahun 2015 akan dilaksanakan lebih dulu, baru kemudian dilaksanakan sertifikasi melalui pola PPGJ. Guru yang masuk kelompok pola PLPG memiliki peluang lebih besar untuk disertifikasi pada tahun 2015 ini. 

Sementara guru yang dikelompokkan kedalam Sergur pola PPGJ masih menunggu daftar perangkingan nilai UKA atau UKG untuk kemudian diambil jumlah sebanyak kuota masing-masing provinsi. Sampai saat ini kini kuota Sergur 2015 melalui PPGJ belum dirilis.

Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2015

Sertifikasi guru tahun 2015 menggunakan pola Pendidikan Profesi Guru (PPG). Peserta sertifikasi guru harus memenuhi syarat administrasi mengikuti PPG yang telah ditetapkan. Guru yang memenuhi syarat akan diseleksi berdasarkan hasil uji kompetensi (UKA dan UKG) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2013 dan 2014. Jika belum memiliki nilai UKA atau UKG akan diikutkan pada pelaksanaan UKA tahun 2015. 

Penetapan bidang studi sertifikasi harus linier dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV. Khusus bagi guru yang diangkat sebelum tahun 2006 penetapan bidang studi sertifikasi mengacu pada kualifikasi akademik S-1/D-IV atau bidang studi yang diampu minimal 5 (lima) tahun berturut-turut. Bidang studi sertifikasi ini akan melekat terus pada guru selama menjalankan profesi guru.

Penetapan peserta dilakukan secara berkeadilan dan transparan melalui online sistem dengan menggunakan Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG). Daftar rangking bakal calon peserta sertifikasi guru 2015 melalui PPG diumumkan oleh Badan PSDMPK-PMP melalui website www.sergur.kemdiknas.go.id

Dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota dapat menghapus calon peserta yang sudah tercantum namanya dalam daftar calon peserta sertifikasi guru. Penghapusan ini atas persetujuan LPMP dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, misalnya; sakit permanen, melakukan pelanggaran disiplin, mengundurkan diri dari calon peserta, dan sebagainya.

0 Response to "INFO LENGKAP SEPUTAR PLPG 2015"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel