TUJUH TIPS JAGA KESEHATAN ORGAN TUBUH


Untuk menjaga kesehatan organ tubuh dan menjaga penampilan, olahraga menjadi hal mutlak yang diperlukan. Organ dalam tubuh sendiri memiliki fungsi yang sangat penting.
Tetapi Anda tidak bisa hanya berolahraga untuk menjaganya, Anda juga harus mengatur pola makan dengan asupan nutrisi yang bermanfaat bagi organ tubuh bagian dalam. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh.
Otak. Otak merupakan pusat kendali yang bertanggung jawab pada pengaturan pikiran dan fungsi tubuh, seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh, serta pengaturan perilaku dan gerak manusia.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Tubuh Bagian Dalam

Cara menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam - Untuk menjaga kesehatan organ tubuh dan menjaga penampilan, olahraga menjadi hal mutlak yang diperlukan. Organ dalam tubuh sendiri memiliki fungsi yang sangat penting. Tetapi anda tidak bisa hanya berolahraga untuk menjaganya, anda juga harus mengatur pola makan dengan asupan nutrisi yang bermanfaat bagi organ tubuh bagian dalam. Beberapa hal untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh:

Otak

Otak merupakan pusat kendali yang bertanggung jawab pada pengaturan pikiran dan fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh serta  pengaturan perilaku dan gerak  manusia. Fungsi otak yang sangat penting juga membuat kemampuan otak menurun sebelum usia 40 tahun, sehingga anda harus menjadikannya sebagai perhatian utama.



Cara untuk menjaga agar otak tetap sehat, yaitu dengan mengasah kemampuannya melalui kegiatan baru, seperti rajin membaca atau belajar bahasa asing. Dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan atau ginkgo biloba yang bisa meningkatkan fungsi otak.

Paru-paru

Paru-paru yang berfungsi sebagai alat respirasi, sistem ekskresi, pengendali pH darah, dan tempat penyimpanan cadangan ini juga memiliki fungsi yang penting. Untuk itu hindari polusi dari asap tembakau, asap kendaraan bermotor maupun polusi dari udara. Bahkan kurangi penggunaan pakaian ketat yang dapat melemahkan fungsi paru-paru karena bisa mengganggu pergerakan untuk mengembang dan mengempis dengan bebas. Konsumsi buah dan sayuran segar, terutama makanan yang memiliki nutrisi yang bisa menjaga fungsi dan kesehatan paru-paru, seperti; vitamin E di apel yang mengandung dan vitamin D di minyak ikan cod.
Hati

Hati memiliki fungsi penting pada sistem pencernaan sehinga hal-hal yang bisa mengganggu fungsi hati seperti; mengonsumsi alkohol  secara berlebihan, dan minum pil pereda nyeri dengan dosis berlebih akan menurunkan fungsi hati.  Cobalah untuk mengonsumsi minuman lemon atau teh dandelion di pagi hari yang mampu merangsang sekresi empedu hati.

Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan asupan oksigen yang baik maka jantung bisa bekerja dengan maksimal. Gaya hidup yang tidak sehat, kolesterol, hipertensi dan diabetes dapat menyebabkan asupan oksigen tidak maksimal dan menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Jalani olahraga secara rutin yang berfokus pada  kardiovaskular agar anda memiliki fungsi baik. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Ginjal

Ginjal yang terletak di pinggang bagian atas tepatanya di bagian belakang ini, berfungsi sebagai filter dan ekskresi dalam tubuh, yaitu untuk menyaring darah, dan membuang sisa racun hasil matebolisme tubuh, menyeimbangkan jumlah cairan tubuh dan kadar elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi sel-sel darah merah. Dengan mengonsumi banyak obat-obatan bisa menyebabkan gagal ginjal.  Untuk itu pastikan mengkonsumsi obat dengan izin edar yang legal dan mengonsumisnya sesuai dosis  yang tertera. Selain minum air putih, teh hijau, jus dari buah dan sayuran juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Tapi pastikan anda minum banyak air tetapi tidak lebih dari tiga  liter perharinya.

Pankreas

Pankreas memiliki fungsi untuk memecah makanan dengan menghasilkan enzim. Untuk itu agar organ ini tidak terlalu lelah untuk memecah makanan, kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Atur pola makan dengan baik dan tidak makan berlebihan.

Tulang

Tulang pada manusia berguna sebagai penyeimbang otot serta melindungi organ tubuh yang lunakdan organ tubuh bagian dalam. Ketika di usia 35 tahun ke atas, kekuatan tulang akan menurun. Untuk itu sejak dini harus berolahraga dengan rutin untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, seperti lompat dan lari. Mengonsumsi  makanan yang mengandung kalsium dan  vitamin D seperti kacang almond, susu, dan daun kale.

Semoga informasi di atas tentang cara menjaga kesehatan organ tubuh bisa membantu anda memperoleh kesehatan yang lebih baik lagi.

0 Response to "TUJUH TIPS JAGA KESEHATAN ORGAN TUBUH "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel