INILAH HASIL KONGRES IKATAN GURU INDONESIA DI SULSEL


Pada Kongres Kedua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel telah dikeluarkan hasil rekomendasi yang akan diteruskan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah.

Salah satu isi dari rekomendasi tersebut adalah tentang pengelolaan pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA disentralisasikan di pemerintah pusat.

Ketua IGI Sulsel Muh Ramli Rahim mengungkapkan, akan mengembangkan program IGI yang telah ada dan memperjuangankan nasib guru-guru termasuk menargetkan penambahan jumlah anggota ditahun 2016.

“Salah satu target kedepan setelah kongres ini yaitu ingin menambah jumlah anggota IGI yang sekarang baru 10 ribu orang,” kata Ramli usai kegiatan kongres di Sekolah Islam Athirah Jalan Kajoalalido, Minggu (31/2/2016).

Ramli menambahkan, tahun ini  ia telah menargektan penambahan anggota IGI sebanyak 1 juta orang.

Selain itu, Ramli mengatakan, dari sekian poin yang menjadi rekomendasi IGI pada kongres, persoalan pengelolaan pendidikan menjadi salah satu persoalan yang krusial.

Menurutnya, wacana pengelolaan pendidikan yang akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi melalu UU nomor tahun 2014 belum cukup menjawab keresahan para guru.

Ramli menjelaskan, pengelolaan pendidikan di bawah kewenangan pemerintah daerah (pemda) terkadang hanya menjadi alat kepentingan politik saat pilkada. Banyak guru yang diintervensi agar memilih calon tertentu, parahnya guru yang menolak untuk memilih calon tersebut justru ditendang dan dipindahkan ke daerah terpencil atau ditugaskan di pulau.

“Kalau pendidikan disentralisasi ke pusat, tidak ada lagi guru yang diitervensi agar memilih calon-calon tertentu saat pilkada,” tukas Ramli. Olehnya itu selain membebaskan pendidikan dari kepentingan politik, ia juga meminta agar pemerintah pusat bisa lebih memperketat seleksi guru.


“Sejauh ini yang kami lihat setengah dari jumlah guru yang ada di Indonesia belum memiliki kompetensi mengajar yang baik,” ungkap Ramli.

0 Response to "INILAH HASIL KONGRES IKATAN GURU INDONESIA DI SULSEL"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel