SIRKUT SENTUL BATAL JADI TUAN RUMAH MOTOGP, TAPI !


Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia mengumumkan bahwa Sirkuit Sentul tak akan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP 2017, 2018, dan 2019. Hal ini disampaikan oleh Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewabroto, Rabu (27/1/2016).

"Sentul dipastikan batal menjadi penyelenggara MotoGP di Indonesia sebab APBN tidak bisa dialirkan ke pihak swasta, dalam hal ini terkait renovasi Sirkuit Sentul," kata Gatot saat ditemui di Media Centre Kemenpora, Senayan, Jakarta.

"Di LOI (letter of intent) juga tidak disebutkan kalau penyelenggaraan MotoGP harus di Sentul. Sebagai gantinya, kami sedang memikirkan apakah di Jakarta, Palembang, atau mungkin saja Jawa Barat," ucap Gatot.

Langkah ini berarti bahwa pemerintah akan membangun sirkuit baru. Meski waktunya terbatas, hanya satu tahun, Gatot yakin, Indonesia bisa menyelesaikan pembangunan sirkuit baru dengan tepat waktu.

Gatot mengakui, sedari awal, Kemenpora sudah mengetahui bahwa dana APBN tidak bisa digunakan untuk keperluan renovasi Sentul.

"Namun, saat itu Pak Tinton (Soeprapto) yang meyakinkan kami bahwa tidak akan terjadi masalah. Namun, ternyata, setelah melalui proses pembahasan hingga rapat terbatas pada 11 Januari, akhirnya memang APBN tidak bisa digunakan meskipun dengan model bisnis apa pun sebab Sirkuit Sentul bukanlah milik negara," kata Gatot.

Menurut Gatot, saat ini Indonesia sedang berusaha bernegosiasi dengan Dorna, selaku pemegang hak komersial MotoGP, untuk meminta perpanjangan tenggat waktu pengumpulan persyaratan administratif, yakni masterplan, kontrak, dan keppres.

"Kalau tenggat waktunya 30 Januari, kami akui kami sudah mengibarkan 'bendera putih'. Saat ini kami sedang berkomunikasi dengan Dorna, dan Dorna sudah mengetahui bahwa Sentul tidak bisa digunakan untuk arena MotoGP," ucap Gatot.

Sebelum ini, pihak yang berkomunikasi dengan Dorna adalah Tinton Soeprapto, Direktur Pengelola Sirkuit Sentul. Dengan batalnya Sirkuit Sentul menjadi tuan rumah, Kemenpora harus menyiapkan mediator baru.


"Intinya, ada yang berkomunikasi dengan Dorna. Untuk siapanya, kami tidak bisa beri tahu," ujar Gatot.

0 Response to "SIRKUT SENTUL BATAL JADI TUAN RUMAH MOTOGP, TAPI !"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel