190.158 lembaga PAUD Kebagian Rp600 Ribu Per Tahun


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasianal Penyelenggaraan (DAK BOP) bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp600 ribu per tahun. Bantuan yang diprioritaskan bagi peserta didik usia 4-6 tahun itu akan diberikan kepada 190.158 lembaga PAUD.

Demikian disampaikan Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ella Yulaelawati. Menurutnya, langkah tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menargetkan seluruh anak-anak mendapatkan akses pendidikan anak usia dini (PAUD) atau pendidikan pra-SD pada 2030.

“Target Agenda Pendidikan 2030 untuk PAUD adalah memastikan seluruh anak laki-laki dan perempuan memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan dan pendidikan pra-SD (PAUD) yang bermutu untuk menjamin kesiapan memasuki pendidikan dasar,” ujarnya dikutip dari situs Kemdikbud.

Upaya lainnya ditempuh dengan menyalurkan bantuan alat permainan edukatif melalui dana dekonsentrasi dan meningkatkan mutu guru melalui diklat berjenjang.

Ella mengatakan, di Indonesia upaya mencapai target tersebut sudah dimulai dengan Program Satu Desa Satu PAUD. Capaian program tersebut cukup menggembirakan. Sampai tahun 2016 tercatat 72,29 persen atau 58.174 desa di seluruh Indonesia telah memiliki PAUD. Saat ini berdasarkan Dapodik PAUD 2016, jumlah PAUD di seluruh Indonesia mencapai 190.225 lembaga.

Capaian lainnya adalah Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD yang mencapai 70,10 persen. Meskipun harus diakui di beberapa daerah, capaian APK PAUD masih di bawah rata-rata nasional. “Capaian menggembirakan ini sekaligus menunjukkan PAUD telah menjadi sebuah gerakan masyararakat,” ujar Ella.


Namun ia mengakui, pertumbuhan PAUD yang demikian pesat menimbulkan tantangan tersendiri, yakni kualitas penyelenggaraan PAUD.

0 Response to "190.158 lembaga PAUD Kebagian Rp600 Ribu Per Tahun"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel