Cara Mengisi/Mendapatkan NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Aplikasi Dapodik


Rekan-rekan operatNomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota. Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memberikan profil perpustkaannya kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, yang dapat diakses melalui http://npp.pnri.go.id atau melalui google dengan menulis Aplikasi NPP Selanjutnya perpustakaan yang sudah mengirimkan profil perpustakaannya akan mendapatkan akreditasi.

Adapun tujuannya yaitu :
  1. Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan.
  2. Menetapkan akreditasi perpustakaan.

Akreditasi diberikan berdasarkan tipologi perpustakaan yang sudah ditetapkan yaitu perpustakaan:
  • Tipe A
  • Tipe B
  • Tipe C

Sebenarnya petunjuk ini sudah ada pada manual aplikasi dapodik, namun kembali saya jelaskan, mungkin saja ada yang belum sempat membaca.

Rekan-rekan operator sekolah di seluruh indonesia, Pada Aplikasi Dapodik, Nomor Registrasi perpustakaan hanya diisi untuk Prasarana yang memiliki jenis prasarana :
a. Perpustakaan
b. Perpustakaan Multimedia
Selain dua jenis prasarana diatas, Nomor Registrasi Perpustakaan dapat dikosongkan

Nomor Registrasi perpustakaan didapat dari website resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan alamat http://npp.pnri.go.id/. Caranya adalah sebagai berikut :

- Akses alamat website http://npp.pnri.go.id/ lalu akan muncul halaman utama website - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
- Pilih menu Aplikasi NPP



Pada aplikasi NPP pilih menu Profille Perpustakaan


Cari NPP dengan memasukan nama perpustakaan

Jika anda tidak menemukan nomor perpustakaan yang anda cari silahkan pilih menu registrasi NPP Baru pada menu Disamping bawah.


Catatan : 
Jika proses registrasi gagal atau terjadi error, menurut hemat saya, Kolom NPP dikosongi saja dahulu dan silahkan hubungi Operator Dinas Pendidikan Setempat.

Sekian, semoga bermanfaat, Salam Seribu Data 

1 Response to "Cara Mengisi/Mendapatkan NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Untuk Aplikasi Dapodik"

  1. mau nanya, bagaimana dengan perpustakaan yang belum terakreditasi apakah berhak untuk mendapatkan NPP?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel