MANFAAT KONSUMSI MINUMAN BERKAFEIN SEBELUM OLAHRAGA

Manfaat Konsumsi Minuman Berkafein Sebelum Olah Raga
Disarankan minum satu jam sebelum berolah raga.


Kandungan kafein dalam kopi kerap dikaitkan dengan sederet kerugian, jika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi tahukah Anda jika baru-baru ini para peneliti menemukan manfaat di balik konsumsi kopi sebelum berolahraga?

Ya, peneliti dari University of Kent di Inggris, Samuele Marcora mengatakan bahwa kopi bisa menjadi doping alami yang membuat latihan fisik lebih menyenangkan dan mudah dijalani.

Menurut Marcora, kafein pada kopi dapat mengubah kerja otak untuk menilai seberapa keras tubuh telah bekerja. Ini sebabnya mereka yang mengonsumsi kopi sebelum melakukan aktivitas fisik tak akan terlalu merasa lelah.

Efek yang sama telah diuji coba untuk semua jenis latihan, termasuk latihan daya tahan seperti aerobik, latihan ketahanan tubuh, dan latihan fisik dengan intensitas tinggi.

"Ketika Anda berolahraga, neuron menghasilkan adenosine, zat kimia yang membuat tubuh merasa lelah. Kafein membloknya sehingga energi Anda tak akan terkuras usai berolahraga," ujar Marcora.

Ia juga mendapati respondennya lebih menikmati latihan fisik yang dijalani setelah sebelumnya mengonsumsi kafein terlebih dahulu. Hal ini juga dapat mengubah anggapan sebagian orang yang merasa enggan berolahraga karena tak mau terlalu kecapaian.

"Tapi kita bisa mengatasi hambatan itu dengan mengonsumsi kafein sebelum berolahraga," imbuhnya.

Untuk takarannya, Ia merekomendasikan konsumsi 3 miligram kafein per kilogram berat badan, satu jam sebelum berolahraga.
Demikian informasi di atas semoga bermanfaat untuk anda, terimakasih.

0 Response to "MANFAAT KONSUMSI MINUMAN BERKAFEIN SEBELUM OLAHRAGA "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel