Usulan Penghapusan SNMPTN



TEMUAN pihak Panitia Pusat SNMPTN soal banyaknya mahasiswa yang lolos melalui jalur Seleksi Nasionla Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sementara nilai Indeks Prestasi Kumulatifnya di bawah rata-rata ketika belajar di kampus, ditanggapi positif oleh kalangan pemerhati pendidikan.

Bahkan pengamat Pendidikan Itje Chodidjah mengusulkan penghapusan SNMPTN. Itje pun mengakui bahwa temuan di atas mengindikasikan adanya praktik memanipulasi nilai rapor siswa di sekolah. Meskipun ia mengakui, bahwa hal itu sulit dibuktikan.

Salah satu penyebab terjadinya manipulasi adalah nilai rapor masih diisi secara manual sehingga dengan mudah guru bisa mengubahnya.

Itje mengduga kalau guru melakukan hal tersebut untuk menjaga gengsi sekolah seperti akreditasi dan pandangan dari masyarakat. Menurutnya, ada dua hal yang kemudian terjadi akibat tindakan curang tersebut. Semuanya merugikan siswa.
“Sekolah itu memberi nilai tinggi agar lolos SNMPTN. Kemudian ada lagi kesalahan lain, anak-anak yang tidak mungkin terundang (lolos SNMPTN) karena tinggal di kota besar, kemudian pindahlah mereka ke daerah lain, dan ini terjadi,” kata Itje Selasa (24/1).

Masalah kedua kata Itje, secara tidak langsung (manipulasi rapor) hanya membahagiakan sesaat. Anak ketika masuk kuliah tidak bisa bertarung.

“Saya kira hapus saja SNMPTN karena siswa yang lolos melalui jalur tersebut tidak merepresentasikan kualitasnya,” katanya.

Tindakan pihak sekolah tersebut sangat bertentangan dengan tujuan utama dari SNMPTN, yakni untuk pemerataan mahasiswa, agar siswa di daerah tertentu memiliki kesempatan untuk masuk PTN.

“Sepanjang nilai rapor belum mencerminkan kualitas anak-anak, lebih baik pakai satu cara, SBMPTN saja. Jangan berpikir pemerataan, adil atau tidak, tapi mementingkan kualitas. Selama ini, nilai rapor sudah tidak mencerminkan kemampuan siswa karena sekolahnya memanipulasi,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, hasil evaluasi terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terhadap mahasiswa angkatan tahun 2016 yang lolos melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menyisahkan tanda tanya.

source : http://gobekasi.pojoksatu.id/

0 Response to "Usulan Penghapusan SNMPTN"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel