> Di Kota Ini Tunjangan Tambahan Guru Nonsertifikasi Cair Bulan Ini - Portal Edukasi Dan Hiburan

Di Kota Ini Tunjangan Tambahan Guru Nonsertifikasi Cair Bulan Ini

tunjangan non sertifikasi


Kabar membahagiakan bagi guru PNS yang belum menerima tunjangan sertifikasi atau nonsertifikasi. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta awal tahun ini telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2.038.750.000 untuk membayar tunjangan atau tambahan penghasilan (tamsil) bagi guru PNS nonsertifikasi.

Tunjangan tersebut sedianya dibayarkan kepada mereka untuk triwulan ketiga atau triwulan keempat 2015 dan tahun 2016. ”Anggaran sudah disiapkan namun pencairan dana tunjangan bagi guru nonsertifikasi tersebut saat ini sedang dalam proses. Kami upayakan Februari ini sudah bisa diberikan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Sulardi.

Dikemukakan, guru yang belum menerima tunjangan sertifikasi tersebut akan menerima tamsil sebesar Rp 250.000 per orang perbulan. Pihaknya mencatat, tunjangan triwulan ketiga 2015 akan dibayarkan kepada 16 guru PNS nonsertifikasi. Adapun tunjangan triwulan keempat 2015 akan dibayarkan kepada 635 guru PNS nonsertifikasi. Jumlah dana tunjangan untuk 2015 tersebut senilai Rp 483.750.000. Untuk tunjangan 2016 dibayarkan kepada 523 guru PNS nonsertifikasi dan dibayarkan untuk empat triwulan sekaligus dengan dana yang disiapkan senilai Rp1,555 miliar.

Dijelaskan Sulardi, untuk tunjangan 2015 tersebut memang belum dibayarkan kepada para guru nonsertifikasi saat itu karena dari pusat memang tidak ada dana. Pemberian tunjangan tersebut menyasar guru nonsertifikasi mulai dari taman kanak-kanak (TK) hingga SMA/SMK.

Adapun rinciannya, penerima tamsil tersebut terdiri atas 17 guru TK, 235 guru SD,94 guru SMP, 56 guru SMAdan 121 guru SMK. ”Untuk 2016 masih lewat kami sehingga dana yang cair tahun ini termasuk untuk guru-guru SMA/SMK-nya. Tapi untuk tahun depan, khusus yang SMA/SMK dan SLB ya semestinya sudah mulai dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” imbuhnya.

Kepala Disdik Etty Retnowati, menyampaikan, terkait pemberian dana tunjangan bagi guru-guru nonsertifikasi tersebut karena memang baru masuk dalam APBN Perubahan (APBNP) 2016, sehingga pencairan baru bisa dilakukan Pemkot tahun ini. ”Kepres (keputusan presiden tentang APBNP 2016) baru turun setelah perubahan anggaran, sehingga pencairannya (untuk tamsil bagi guru nonsertifikasi) baru bisa dilakukan 2017,” kata Etty.

0 Response to "Di Kota Ini Tunjangan Tambahan Guru Nonsertifikasi Cair Bulan Ini"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel