> Panduan dan Solusi Mengatasi Masalah Registrasi Dapodik versi 2017 - Portal Edukasi Dan Hiburan

Panduan dan Solusi Mengatasi Masalah Registrasi Dapodik versi 2017

Registrasi pasca instal dapodik tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama bagi operator sekolah, namun ternyata pada kenyataannya setiap ada update terbaru Dapodik masih ada saja yang mengalami kesulitan saat melakukan registrasi. Hal ini yang membuat admin membuat posting tentang Panduan Registrasi Dapodik versi 2017 ini.


Pahami hal-hal berikut ini terlebih dahulu, perlu diketahui untuk menginstal aplikasi Dapodik ini 2 cara :
  1. Yang Pertama Melalui Updater Yaitu dengan mengunduh sebagian dari aplikasi dengan tujuan untuk memperbaharui aplikasi dapodik versi sebelumnya. Namun yang perlu diperhatikan dari versi updater ini adalah "Tidak semua aplikasi dapodik terbaru bisa diinstal melalui updater ini" jadi perhatikan baik-baik versi tanggal dan tahun pada updater ini. 
  2. Yang Kedua melalui Full Installer dimana kita akan medownload versi full dari Aplikasi ini, biasanya ukuran filnya cukup besar. Jika kita ingin menginstal dengan full installer ini, maka kita wajib untuk Uninstal/Menghapus Dapodik versi sebelumnya yang ada pada komputer kita. Saran saya gunakan aplikasi CC Cleaner atau Revo Uninstaler agar proses Uninstal benar-benar bersih dari komputer kita.
Kedua hal diatas inilah yang pertama-tama kita harus ketahui terlebih dahulu saat kita menginstal dapodik versi berapapun, setelah itu kita akan membahas tentang cara registrasi pada Aplikasi Dapodik.

Untuk registrasi baru2 ini dapodik sudah bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan registrasi online dan offline.
  1. Registrasi online brarti komputer kita harus terhubung dengan internet saat registrasi,
  2. Registrasi offline brarti kita wajib mengunduh prefill sekolah masing2 untuk disimpan terlebih dahulu pada komputer. Ada satu catatan sewaktu kita Generate Prefill, perhatikan ukuran kapasitas prefill harus mencapai beberapa MB bukan byte, kebanyakan prefil tidak di temukan/mengalami error/atau tidak lengkap databasenya, di sarankan download di Prefill Alternatif 13 di unduhan Web Dapodikdasmen jika selalu mengalami error pada link prefill utama. Jika unduhan di web dapodikmendas hanya muncul 3 atau kurang link generate prefill, silahkan refresh kembali hingga muncul banyak pilihan link download prefill alternatifnya.
Kesimpulannya, jika kita registrasi menggunakan cara offline tidak berhasil maka :
  1. Cek kembali kapasitas prefill yang telah kita unduh, jika masih gagal
  2. Pastikan komputer terhubung dengan internet lalu lakukan registrasi online, jika tidak berhasil/loading yang terlalu lama, lakukan registrasi online kembali pada jam2 yang tidak sibug misalnya tengah malam/dini hari.
  3. Langkah terakhir jika masih tidak berhasil silahkan hubungi admin dapodik pada dinas masing-masing wilayah untuk menanyakan hal tersebut.  
Sebenarnya solusi ini akan berhasil jika kita benar-benar mengerti bagaimana cara menginstal/uninstal/update aplikasi sesuai panduan di atas. Oleh karena itu perhatikan dan pelajari baik-baik point-point diatas yang sudah admin jelaskan. Sekian dan semoga berhasil. Klik link di bawah ini untuk Download Panduan lengkapnya :

0 Response to "Panduan dan Solusi Mengatasi Masalah Registrasi Dapodik versi 2017"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel