> Info Terbaru Tentang SSCN CPNS Indonesia Tahun 2019 - Portal Edukasi Dan Hiburan

Info Terbaru Tentang SSCN CPNS Indonesia Tahun 2019

Berikut ini adalah info terbaru tentang pendaftaran / jadwal pembukaan pelaksanaan CPNS Tahun 2019 yang akan di selenggarakan serentak di seluruh Indonesia yang bisa kita akses langsung di website SSCN dan juga info tentang PPPK Tahap 2 tahun 2019 yang biasanya kita akses di website ssp3k.bkn.co.id.



Pendaftaran Online CPNS dan PPPK tahun 2019 akan dibuka bulan Nopember 2019. Untuk Anda yang mendaftar sebagai peserta Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2019, silahkan akses link Pendaftaran Online CPNS Tahun 2019 / 2020 di https://sscasn.bkn.go.id/.  Apabila laman tersebut sudah dapat dibuka, Anda dapat memilih apakah mau mendaftar sebagai Calon Peserta Seleksi CPNS atau mau mendaftar sebagai Calon Peserta Seleksi PPPK atau P3K.


Setelah Anda masuk ke halaman atau portal SSCASN atau https://sscasn.bkn.go.id/. Bagi Anda yang mau mendaftar sebagai Calon Peserta Seleksi CPNS tahun 2019/2020 ini maka selanjutnya Anda akses Link SSCASN SSCN atau link https://sscn.bkn.go.id/, tetapi bagi Anda yang akan mendaftar sebagai Calon Peserta Seleksi PPPK maka laman yang Anda akses adalah Link SSCASN SSP3K  atau link https://ssp3k.bkn.go.id/.

Selain Anda harus mengetahui link pendaftaran Online CPNS tahun 2019, Anda juga harus mengetahui beberapa Tips Agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun Soal Seleksi PPPK (P3K). Salah satu kegagalan dalam mengikuti seleksi CPNS adalaha kurangnya persiapan dari peserta tes. Perlu saya tekankan lagi bahwa saat ini, menjadi PNS bukanlah hal yang mudah. Berikut ini beberapa tips menghadapi Seleksi CPNS agar Anda bisa lulus dalam Penerimaan Calon Pegawan Negeri Sipil (CPNS)

1. Kenali tahapan-tahapan ujian
Agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), kenali tahapan-tahapan ujian. Dalam prosesnya, ada beberapa tahapan ujian CPNS yang harus diselesaikan. Tiap instansi memiliki model ujian yang berbeda tergantung kebutuhan. Secara umum, ada 2 seleksi yang harus dilalui yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara.
Model dan materi ujiannya bisa berbeda-beda menyesuaikan formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD merupakan seleksi wajib yang harus dilalui dengan kriteria kelulusan yang sama untuk setiap pelamar. Saat ini, TKD sudah dilaksanakan menggunakan sistem CAT seperti yang saya ceritakan di atas. CAT memiliki 3 tipe soal dengan bobot nilai yang berbeda.
Berdasarkan Perarturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 20/2017, ada tiga jenis kelompok materi soal TKD. Ketiga materi tersebut terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
TWK berisi materi tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia. Soal-soalnya, biasanya seputar Pancasila, Undang-Undang, empat pilar kebangsaan, hingga sejarah Bangsa Indonesia. Karenanya, perbanyaklah membaca UUD 1945 dan juga buku sejarah Indonesia. Biasanya, soalnya bersumber dari materi tersebut atau hal-hal relevan yang dikaitkan dengan undang-undang.
TIU berisi materi untuk menilai kemampuan verbal, lisan, dan numerik dari peserta. Biasanya, ujiannya seputar deret hitung, sinonim, akronim, logika matematika dan sejenisnya. Ujian pada materi ini akan cukup berat bagi sebagian orang mengingat tidak semua orang menyukai matematika.
Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisikan materi-materi yang menguji integritas diri, semangat kerja, kreativitas, kerjasama, profesionalitas dll. Pada ujian ini, jawaban terlihat sangat subjektif karena bisa dikatakan hampir seluruh jawaban benar. Karenanya, hati-hatilah dalam menjawab pada bagian ini.
Dengan mengenal ketiga jenis ujian di atas, tentu kita bisa mempersiapkan diri lebih matang. Tidak ada yang tahu pasti gambaran soal yang akan keluar dari ketiga jenis materi tersebut. Semua dipilih secara acak oleh sistem nantinya. Karenanya, perbanyaklah belajar dan membaca.

2. Belajar secara konsisten
Agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), belajarlah secara konsisten. Banyak orang yang meremehkan model ujian CPNS sehingga memasrahkan hasilnya pada Allah. Padahal, butuh kerja keras dan ketekunan agar bisa lulus mengalahkan ribuan bahkan puluhan ribu pendaftar. Oleh karena itu, belajarlah secara konsisten setiap hari agar tidak kaget saat menghadapi ujian nanti. Tidak perlu lama-lama. Belajarlah sekitar 30 menit per hari menyelesaikan soal-soal CAT agar kita sudah terbiasa saat ujian. Hindari sistem belajar kebut semalam ya.

3. Tenang saat menghadapi ujian
Agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), hadapi ujian dengan tenang. Ini juga faktor yang sangat menentukan. Grogi saat menghadapi ujian adalah hal yang lumrah. Tapi, jangan sampai karena terlalu grogi membuat anda sulit berpikir dan melupakan semua hal yang telah anda pelajari. Tenangkan diri saat akan menghadapi ujian. Mungkin, dengan berdoa dan membaca Alquran, bisa meredakan diri anda.

4. Latihan simulasi CAT
Agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), perbanyak Latihan simulasi CAT. Sedapat mungkin, berlatih pula dengan simulasi CAT agar tidak gagap menghadapi ujian dengan komputer. Saya yakin, ada orang yang sama sekali belum pernah menhadapi ujian dengan komputer sebelumnya. Karena itu, latihan dengan menggunakan simulasi CAT juga penting agar kita terbiasa saat ujian. Saat ini, sudah banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas simulasi CAT secara online. Beberapa produk buku materi ujian CPNS juga menyediakan aplikasi untuk berlatih CAT.

5. Maksimalkan waktu ujian
Agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), saat ujian maksimalkan waktu ujian yang disediakan. Salah satu yang penting diperhatikan, janganlah keluar dari ruangan ujian sebelum waktu ujian berakhir. Maksimalkan seluruh waktu yang ada untuk memeriksa jawaban anda. Siapa tahu, ada jawaban yang salah dan bisa diperbaiki. Tidak perlu gusar ikut-ikutan teman yang sudah duluan keluar. Toh, hasil ujian juga akan langsung terlihat begitu anda meng-klik tombol “selesai ujian”.

6. Jawab soal yang mudah terlebih dahulu
Agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), sebaiknya dahulukan menjawab soal yang mudah. Dari sekian banyak soal yang dihadapi, janganlah berkutat pada 1 soal dalam waktu yang lama. Masih banyak soal-soal lain yang harus dikerjakan. Jangan hanya karena anda penasaran dengan soal tersebut sehingga menyedot fokus dan melupakan bahwa masih banyak soal lain yang bisa jadi lebih mudah untuk dijawab. Fokus pada soal yang mudah dijawab terlebih dahulu, yang sulit belakangan.

7. Berdoa kepada Allah
Hal yang sangat penting agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), jangan lupa minta (berdoa) kepada Allah agar diberikan hasil yang terbaik pada ujian CPNS. Semua keringat dan kerja keras kita tak akan berarti bila tidak ada Ridha dari Allah. Mintalah pertolongan kepada-Nya agar bisa menghadapi ujian dengan lancar tanpa kendala.

8. Minta doa kedua orang tua
Satu hal yang sangat penting lain agar Lulus menghadapi Soal Seleksi CPNS ataupun menghadapi Soal-soal Seleksi PPPK (P3K), jangan lupa minta doa kedua orang tua . Bersyukurlah yang orang tua-nya masih hidup dan sehat walafiat. Mintalah doa dari beliau agar Allah memberikan kemudahan terhadap ujian yang akan anda hadapi. Doa orang tua tetaplah makbul. Tembus langit, insyaAllah.

Demikian informasi singkat tentang Link Pendaftaran Online CPNS dan PPPK tahun 2019. Semoga ada manfaatnya, lebih dari itu semoga Anda yang mendaftar sebagai Calon Peserta Seleksi CPNS dan PPPK (P3K) Tahun 2019/2020 ini dapat lulus atau diterima sebagai CPNS dan Pegawai PPPK

0 Response to "Info Terbaru Tentang SSCN CPNS Indonesia Tahun 2019"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.. Klik facebook Jika ingin berkomentar dengan menggunakan akun facebook anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel